Ternyata Jaringan Tri(3) Tidak Pernah Stabil, Lambat dan Hilang Sinyal Ketika Malam

Sebelumnya saya sudah pernah membuat artikel tentang jaringan atau koneksi internet tri (3) yang lemot di daerah saya, dan mendapatkan beberapa kesimpulan yang cukup membantu dari pengalaman saya sendiri maupun saran dari temen-temen yang mampir kesini.

Nah, karena artikel tersebut sudah terlalu panjang dan lama, kali ini saya membuat artikel yg baru. Namun berbeda dari masalah biasanya, kasus ini spesial, yaitu terdapat kondisi dimana koneksi internet 3 (tri) mengalami gangguan pada pukul tertentu saja dan terulang secara konsisten sampai detik ini (Rabu, 15 maret 2017).

Awal mulanya saya lupa, tapi yang pasti lebih dari 3 bulan yang lalu hal ini terjadi. Sebenarnya di daerah saya jaringan tri tergolong cukup memuaskan, dan membuat saya betah sampai belum bisa move on ke operator lain.

Hingga suatu saat saya dikejutkan dengan koneksi internet 3 (tri) yang tiba-tiba sangat lemot pada sore hari pada pukul 18.30 - 21.30 WIB.

Tidak hanya lemot, bahkan saya bisa mengatakan tidak bisa digunakan dengan semestinya (pada modem untuk laptop). Lokasi saya di desa sukorejo, kec. rejoso, kab. nganjuk. Atau lebih gampangnya dari perempatan guyangan nganjuk ke selatan sekitar +-2 km.

Baca Juga: Kenapa internet kartu tri menjadi sangat lemot

Disini saya lampirkan juga screenshot pengecekan koneksi internet menggunakan speedtest lewat smartphone:





Terjadi masalah atau gangguan jaringan

Dari hasil uji tes kecepatan koneksi internet, terlihat kecepatan unggah yang mengalami masalah, dengan keterangan "masalah komunikasi jaringan". Apakah ini menjadi salah satu indikasi penyebabnya?.

Kemungkinan demikian, terjadi masalah dengan jaringan pengunggahan data pada pukul 06.30 sore sampai 09.30 malam. Tapi kenapa mesti pada jam segitu, padahal saat-saat itu adalah saat yang paling sempurna untuk berselancar di internet, baik sekedar refresing atau bekerja (blogger, dll).

Yang pasti hal ini sangat mengganggu saya dan sangat mengecewakan mengingat gangguan ini sudah berlangsung lebih dari tiga bulan.

Apa yang saya lakukan saat ini?

Tidak banyak yang bisa saya lakukan saat ini, mengingat saya hanya seorang blogger yang masih belajar menulis #kagak nyambung..

1. Memilih untuk tidak menggunakan jaringan internet tri pada jam tersebut.

2. Hanya menggunakan jaringan pada smartphone dengan jaringan 2G, karena saya merasa jaringan 2G lebih baik dari 3G, HSPA, maupun H+ (hanya pada jam tersebut).

3. Mencari solusi ke call center (123), yang saya dapat adalah informasi bahwa tidak ada proses perbaikan jaringan yang sedang berlangsung di daerah saya dan saran untuk mengubah apn ke 3data, tapi hasilnya nihil.

4. Terakhir, membuat artikel ini, semoga saja pihak tri membacanya, serta berkenan untuk memperbaiki jaringan/koneksi internet 3 (tri) yang lemot atau mengalami gangguan di daerah saya ini.

Update 28 Maret 2017

Setelah mencari informasi lagi, ternyata ada beberapa teman yang juga mengalami hal serupa. Teman tersebut bernama/nicknya "abunyairfan" di forum.detik.com. Berikut ini kutipannya:

Kenapa Koneksi Three Pada Jam Tertentu Jadi Lambat

16th October 2015, 15:36

Agan2 dan sist2, mau tanya neeh barangkali ada yang punya pengalaman seperti ane, bisa kasih masukan disini.

Begini ceritanya... Selama ini ane konek internet pake kartu three, kalau pagi dan siang is ok lah menurut ane, cuma pas malam tiba-tiba aksesnya jadi lambat.

Ini bisa ane perhatiin, pokoknya kalau sudah pukul 19.00 penyakit itu datang lagi. Buka web saja ngeload terus. Kondisi ini biasanya normal lagi setelah pukul 21 atau bahkan 22.

Makanya kalau sdh masuk jam2 tersebut ane of dulu deh dari kegiatan online daripada "sakit hati" hihihi...

Nah, ada gak yang punya pengalaman seperti ane? Trus apa kudu ganti kartu aja ya? Ane masih setia sama three karena umur masa aktifnya lama dan tiap bulan suka dapat bonus. Jadi stok chip bekas pakai di laci dah numpuk. Please sharing nya ya. Trims

Selain sharing dari "abunyairfan" ternyata juga ada beberapa teman lagi yang mengeluhkan hal yang sama namun sudah beberapa tahun lebih lama lagi.

Setelah beberapa saat membaca tanggapan dari sharing diatas, saya mempunyai beberapa kesimpulan atau kemungkinan kenapa terjadi gangguan jaringan tri dijam tertentu atau pada sore hari:

1. Terjadi peningkatan user atau traffic padat/ramai dijam tersebut, dimana seperti yang kita tahu bahwa jam 06.30 -21.30 adalah prime time, sehingga mengakibatkan jaringan tidak stabil. Dengan kata lain, jumlah user tidak diimbangi dengan BTS yang memadai akhirnya crawded trafic, alhasil jadi lemot.

2. Karena waktunya konsisten, ada kemungkinan ini disengaja oleh pihak tri. Tri/three pasti punya bandwidth tersendiri yang dibagi kepada user sama rata agar tidak overload, atau apa mungkin ini sudah bentuk dari overload karena traffic yang padat?.

Baca Juga: Kuota Internet Gratis 3 2017

Selain kemungkinan diatas, kita juga perlu tahu bahwa cepat tidaknya suatu koneksi jaringan internet juga dipengaruhi oleh:

- Lokasi
- Cuaca
- HP/perangkat kita
- Keadaan bangunan sekitar

Semoga tri bisa memperbaiki diri dan terus berkembang, serta menjadi salah satu kandidat operator terbaik dan termurah dalam penyediaan layanan internet di indonesia.
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Unknown
admin
7 October 2018 at 02:47 ×

1 alesan ane knapa sampe saat ini ane masi pake ini provider, "Murah"
Ane setuju kalo agan bilang dijam² tersebut sinyal bapuk, lebih tepatnya kaya lont* abis digilir.
Karna terus terang, ane orang yang banyak ngabisin waktu dgn depan depanan sama hp. Apalagi kalo bukan maen game online.
Jam 17.00 lewat itu didaerah ane uda bisa dipastiin internet noob dari tri, walopun dengan koneksi bapuk, ane mau gamau tetep ngegame ampe larut malem. Dan bukan sekali sehari, jaringan internet ilang tanpa alesan kek cuaca buruk atopun mati lampu. Kalo ane inget² sih bisa amoe 3x sehari. Gabeda kek resep obat dari dokter.
Naaah, tapi kenapa dijam 23.00 ampe jam pocong itu ga ada leg² lagi di game. Lancar aje kek jalanan sepi. Tolonglhaa tri, kasi kami kenyamanan.
Lagian posisi ane juga ngga di pedaleman, ane tinggal dibogor kabupaten, masi sebelahan sama kampung sbelah yang uda kota madya.
Tower bdiri senga di daerah ane, kurang lebih ada 4tower yang jaraknye gajauh dari rumah.
Btw, ane pengguna tri dari jaman jebot. Jaman makin maju masi bgini2 ajr nih tri. Malah makin parah bgssd.

Makasi

Reply
avatar
Unknown
admin
31 December 2019 at 19:46 ×

ayooo lah . gimana bisa maju kalok setiap saat sering terobel . gini . gk gayak prtama kali pakek sinyal MANTEP ABIS sekrang ma kagak jelas ni siyal .

Reply
avatar

Semua Komentar Adalah Nyata Milik Pribadi Masing Masing. !! Silahkan Keluarkan Semua Unek Unek Anda..- Tapi Ingat Ini Bukan Channel Dari Tri - Kita Sama Sama Pengguna !! ConversionConversion EmoticonEmoticon

UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH MASALAH ANDA LEBIH LANJUT - Silahkan Anda Baca Review Menggunakan Kartu Tri Indonesia Berikut Ini - Pada Saat Ini Akhirnya Saya Sudah Mulai Jengkel Dan Meluapkannya Dalam Bentuk Tulisan Lengkap Tentang Review Dan Masa Depan Tri Indonesia Yang Sudah Terlihat Mulai Saat Ini - Silahkan Kunjungi Berikut Halaman Ini
http://review-tri-indonesia.blogspot.com/p/review-menggunakan-kartu-tri-4g-lte.html
SETTING APN TRI | CARA ATASI TRI LEMOT| MEMPERCEPAT KONEKSI TRI | HARGA PAKET TRI INTERNET TERBARU| HARGA TRI PASCABAYAR| TRI PRABAYAR PAKE UNGGULAN| TRIK GRATIS TRI INDONESIA| CARA CEK KUOTA TRI INTERNET| CARA DAFTAR PAKET RAHASIA TRI| SETTING APN TERCEPAT TRI| MENSTABILKAN SINYAL TRI INTERNET| INTERNET TRI PELANGGAN| KELUHAN PELANGGAN TRI| INTERNET TRI LAMBAT| CARA ATASI KONEKSI INTERNET LAMBAT TRI| REVIEW TRI INTERNET INDONESIA| REVIEW KARTU TRI INDONESIA| KUOTA++ REGULER TRI TERPOTONG| PAKET TRI GETMORE - Mari Kita Tunggu Gebrakan Apa Lagi Yang Akan Dilakukan Oleh Provider Tri Indonesia - Atau Mereka Menunggu Waktu Untuk Segera Melelang Frekuensi Yang Mereka Miliki Dengan Tanpa Menghasilkan Apa Apa
TRI INDONESIA. Powered by Blogger.